Friday, November 11, 2011

Soto Kaki Sapi Bogor - Sejak tahun 1930

Salah satu makanan tradisional khas kota Bogor yang cukup digemari oleh para pecinta kuliner adalah Soto Kaki Sapi. Menu makanan yang satu ini memerlukan persiapan yang cukup lama sebelum dapat dihidangkan kepada penikmat setianya.

Berikut kisah dari salah seorang penjual Soto Kaki Sapi di bilangan Jakarta Timur. Persiapan dimulai dari jam 2 siang, kaki sapi dibersihkan dengan menggunakan silet selama ± 2 jam, setelah bersih kemudian dicuci, dan mulai direbus di dalam dandang selama 6 s/d 7 jam. Setelah selesai direbus kemudian kembali dicuci bersih.

Persiapan selanjutnya berbelanja sayuran untuk kebutuhan berjualan esok hari, kemudian menggoreng emping, kerupuk serta bawang. Seluruh persiapan ini selesai kira-kira jam 9 malam.

Kemudian persiapan dilanjutkan jam 3 pagi, mulai dari menggoreng daging, babat, kentang, memasak nasi, santan untuk kuah, serta merebus air untuk menyeduh teh, yang semuanya masih menggunakan peralatan tradisional. Setelah selesai, barulah semuanya diangkut menggunakan gerobak menuju ke lokasi jualan.


Usaha soto bogor yang kini terletak di Pertokoan PT Kereta Api No.33, Jl. Raya Bekasi Barat, Jatinegara (30 meter dari Stasiun JATINEGARA, sebelah Restoran Masakan Padang Surya), memiliki keistimewaan tersendiri karena diolah dengan cara tradisional, serta masih menggunakan resep yang berusia puluhan tahun, yang diwariskan secara turun temurun.

Usaha ini dimulai oleh Bpk. Almawi pada tahun 1930, hanya dengan bermodalkan peralatan sederhana, yaitu pikulan yang terbuat dari bambu di bilangan Mester di depan Gang Abud Jl. Raya Bekasi Barat, Jatinegara. Saat itu harga untuk satu porsi soto + nasi hanya 250 rupiah.

Setelah itu pada tahun 1979 diwariskan kepada anak almarhum, yaitu Bpk. Kasdi. Saat itu satu porsi soto + nasi dihargai 900 rupiah. Namun sayang, pada tahun 1985 Bpk. Kasdi meninggal, dan akhirnya istri almarhum, Ibu Sari yang meneruskan usaha tersebut. Usaha tersebut kian dikenal masyarakat, dan terus berkembang hingga mengalami perubahan harga dari 2000 rupiah hingga 6500 rupiah per porsinya.

Namun pada akhirnya Ibu Sari meninggal, dan usaha tersebut diwariskan ke anak-anaknya, salah satunya adalah Bpk. Dedi, yang memilih berjualan menggunakan gerobak sederhana masih di lokasi yang sama Gang Abud dan warung di Pertokoan PT Kereta Api Jatinegara tersebut diatas.

Alamat:
SOTO KAKI SAPI BOGOR - Sejak tahun 1930
Pertokoan PT Kereta Api No. 33 - 34
Jl. Raya Bekasi Barat, JATINEGARA. Telepon: (021)99855662
20 meter dari STASIUN JATINEGARA, Sebelah Restoran Masakan Padang SURYA
Buka jam 07.00 s/d 18.00 (7 Hari Seminggu)

Harga: Soto Kaki Sapi Bogor + Nasi Putih Rp 13.000,-/Porsi

No comments:

Post a Comment